Jumat, 09 November 2012

terjemahan hal 69-72buku أساليب التدريس


تمرين الإضافة (latihan tambahan) 
يطلب من الطالب هنا أن يضع الكلمة في المكان المناسب في الجملة. و من أمثلة ذلك ما يلى:
di sini siswa di minta untuk meletakkan (menempatkan) kata di tempat yang tepat (sesuai) dalam kalimat. Seperti contoh:
(1). إن يد رس ينجح + (الولد)
Sesungguhnya yang belajar akan sukses + (anak)
= إن يدرس الولد ينجح.
Sesungguhnya anak yang belajar akan sukses
(2). الحديقة جميلة + (أزهارها)
Taman itu indah + (bunga-bunganya)
= الحديقة جميلة أزهارها.
Taman itu indah bunga-bunganya
أو= الحديقة أزهارها جميلة.
Atau= Taman itu bunga-bunganya indah

تمرين التكملة: (latihan penyempurnaan)
يعطى هناك جزء من الجملة و يطلب من الطالب أن يكملها بطريقة مناسبة. مثال ذلك:
Disana telah di berikan  bagian-bagian dari kalimat dan siswa di minta untuk menyempurnakannya dengan metode yang sesuai. Seperti contoh :
(1). إن تزرع............................
1. Sesungguhnya engkau sedang menanam............................
(2). إن تسأله.............................
2. sesungguhnya  engkau sedang bertanya kepadanya....................
(3). لو سأ لته....................
3. jika engkau telah bertanya kepadanya…………
(4). لولا الماء....................
4. jika tidak ada air..................

تمرين التحويل: (latihan pengubahan)
يطلب من الطالب هنا أن يحولالجملة من شكل إلى اخر. مثال ذلك:
Disini siswa di minta untuk merubah kalimat dari baris kepada lainya. Seperti contoh:
(1). تحويل الجملة من ا لإثبات إلى النفي.
Merubah kalimat dari positif kepada negatif
(2). تحويل الجملة من  النفى إلى الإثبات.
Merubah kalimat dari negative kepada positif
(3). تحويل الجملة من  الإخبار إلى الا ستفهام.
Merubah kalimat dari cerita kepada kalimat pertanyaan.
(4). تحويل الجملة من  الاستفهام إلى الإخبار.
Merubah kalimat dari kalimat pertanyaan kepada cerita
(5). تحويل الجملة من  الماض إلى المضارع أو الأمر.
Merubah kalimat dari kata kerja yang telah berlalu kepada kata kerja yang sedang berlangsung atau kepada kata kerja perintah .
(6). تحويل الجملة من  المضارع إلى الماض أو الأمر.
Merubah kalimat dari yang kata kerja yang sedang berlangsung kepada kata kerja yang telah berlalu dan kepada kata kerja perintah
(7). تحويل الجملة  الا سمية إلى فعلية أو بالعكس.
Merubah kalimat isim kepada kalimat fi’il atau menukarnya.(kebalikannya)
(8). تحويل الأسماء في جملة إلى ضمائر.أو با لعكس.
Merubah nama-nama kedalam kalimat /kata /dhamir atau merubahnya (sebaliknya).

تمرين التمدد (latihan mengembalikan kata yang di buang)
يطلب من الطالب هنا أن يعيد ما حذف من الجملة. مثال ذلك:
Disini siswa di minta untuk mengulang apa yang telah di hapus dari kalimat.seperti contoh:
(1). الكتاب على الطاو لة.
Buku di atas meja
= الكتاب موجود على الطاولة.
Buku itu ada di atas meja
(2). العصفور بين الأشجار.
Burung pipit itu di atas/antara pohon
= العصفور موجود بين الأشجار.
Burung pipit ada di antara pepohonan

تمرين الا ستبدال: (latihan mengganti)
يطلب من الطالب هنا أن يضع كلمة واحدة مكان عدة كلمات مثل ذالك:
Disini siwa di minta untuk meletakkan kata di beberapa tempat.seperti contoh:
(1). ذهب (على المدينة)
Pergi(ke kota)
= ذهب هناك.
Pergi kesana/ kota
(2). يفوز الرجل (الذي يجتحد).
Laki-laki yang menang(yang berjuang)
= يفوز الرجل المجتهد.
Laki-laki yang menag dalam berjuang
(3). أعتقد (بأنه مصيب).
 Sebuah pikiran/ide(yang dipilih dengan baik)
= إقتقد بصوابة.

تمرين التعبئة: (latihan isian(mengisi))
يطلب من الطلب أن يضع كلمة وا حدة في الفاغ في جملة ما. مثل ذلك.
Siswa di minta untuk menempatkan satu kata dalam kalimat yang kosong. Seperti contoh:
(1). ...........تسأل يجبك.
………. kamu bertanya di jawab olehnya
tanya
= إن تسأل يجبك.
=jika kamu bertanya di jawab olehnya
(2). سافر ...... لندن.
Berpergian…………… london
=سافر إلى لندن.
Berpergian ke london
(3). الوقت ..........ذهب.
Waktu ……………emas
= الوقت من ذهب.
Waktu adalah emas
(4). يرغب......... دارسة العلوم
Ingin………. Studi ilmu
= يرغب في دراسة العلوم.
Ingin belajar ilmu

تمرين الترتيب: (latihan menyusun kalimat)
هنا تعطى كلمات دون ترتيب و يطلب من الطالب ان يرتبها لتكوين جملة مفيدة. مثال ذالك.
Berikut ini di berikan kata- kata yang tidak ber urutan ,dan siswa di minta untuk menyusunnya ke dalam kalimat yang sempurna. Seperti contoh:
(1). عمره ,أخىي, أعوام ,سنة.
Tua(umur), saudara, tahun
= أخي عمره سنة أعوام.
Saudara yang sudah tua/ berumur
(2). علم,علم,يدرس, اللغة, خصائص, اللغة.
Ilmu, ilmu pengetahuan, penelitian ,bahasa ,sifat, bahasa.
= علم اللغة علم يدرس خصائس اللغة .
Linguistic mempelajari sifat bahasa

تمرين الاختيار من متعدد: (latihan pilihan ganda)
تعطى هنا عدة إجابات يختار منها الطالب الإجبة الصحيحة الوادة و يستبعد الإجا بات  الخاطئة. مثال ذالك.
Disini siswa di minta untuk memilih  salah satu jawaban yang benar
(1). هذا هو. ..............
Ini adalah................
(أ). أخوه
saudarany
(ب). أخاه
saudarany
(ج). أخيه
saudaranya
(د). إخوانة
Saudara-saudaranya
(2).  الولدان...............
Dua orang anak laki-laki
(أ). يلعبون
Mereka bermain(jama’)
(ب). يلعبان
Mereka bermain (dua orang anak)
(ج). لعبوا
Mereka telah telah bermain(jama’)
(د). يلعبا.
Sedang bermain(dua orang laki-laki)
dimainkan
(3). الحديقة سورها.......
Pagar tanaman
(أ). عالية
Tinggi(mu’annats)
(ب). العالي
tertinggi
(ج). عالي
Tinggi(mudzakkar)
(د). عال
keras

تمرين التشكيل: (latihan memberi baris)
تطلب من الطالب هنا أن يشكل أو اخر الكلمات في الجملة أو كلمات معينة فيها.مثال ذالك ما يلى:
Disini siswa di minta untuk
(1). جاء الولد مسرعا.
Telah datang seorang anak dengan tergesa-gesa
= جاء الولد مسر عا.
Telah dating seorang ank dengan tergesa-gesa
(2). رايت صديقه  يسرع
Aku telah melihat temanya tergesa-gesa
= رايت صديقه يسرع.
Aku telah melihat temannya tergesa-gesa

تمرين تعديل الصغة: (latihan mengubah bentuk)
يطلب من الطالب هنا أن يعدل صيغة كلمة معينة في الجملة اتتلاءم مع باقي اجزاء الجملة. مثال ذالك:
Dalam latihan ini di harapkan kepada siswa agar merubah bentuk kalimat/kata yang telah di tentukan dalam jumlah agar menjadi kalimat yang benar. Seperti contoh berikut:
(1). الطلب لم (ينتهي) من الكتابة.
Seorang siswa( belum) selesai menulis
= الطالب لم ينته من الكتبابة.
Seorang siswa belum selesai menulis
(2). الطالبان لم (يكتبان) الدرس.
Dua orang siswa sedang menulis pelajaran
=الطالبان لم يكتبا الدرس.
Dua orang siswa sedang menulis pelajaran
(3). رأيت (أبو) صديقي.
Saya telah melihat ayah teman saya
= ر أيت أنا صديقي.
Saya telah melihat ayah teman saya

شكرا

Tidak ada komentar:

Posting Komentar