Jumat, 09 November 2012

المطالعة )muthaala'ah


الدرس السابع

"خديجة بنت خويلد"

عاشت خديجة بنت خويلد, في بيت غني,و كانت محبوبة من وا لديها,لذكائها,و عندمامات زوجها,عملت باالتجارة,فكسبت مالا كثيرا. كان النبي محمد صلى الله عليه و سلم قبل النبوة, مشهورا با لأ مانة والصدق,  فاختارته السيدة خديجة ,ليعمل في تجار تها فسافر الى الشام ,في رحلة  تجارتية و كان معه في تلك الر حلة  ميسرة ,خادم السيدة خديجة.
       
عندما عادت الر حلة من الشام , أخبر ميسرة السيدة خديجة, بما حدث في تلك الرحلة. أخبر ها ميسرة عن : صدق محمد و أمانته, كما أخبرها  با السحابة  التى كانت تحميه  من حر الشمسى, و هي تسير فوق رأسه.
                                       
أعجبت السيدة خديجة  بأخلاق محمد , فعرضت عليه الزوج منها. لقد ختارت خديجة  محمدا رغم أن كثيرين طلبوايدها.
       
كان محمد يتعبد ذات يوم في غار حراء, فنزل عليه جبريل عليه السلام بالآيات  الكريم : "إقرأ باسم ربك الذي خلق , خلق ا لإنسان من علق, أقرأ و ربك الأكرم  الذي علم با لقلم , علم الإنسان  ما لم يعلم " و كان تلك الآيات أول ما نزل  من القرآن الكريم.


    

المفردات:
Awan:   السحابة                                             hidup: عاش
Mencegahnya: تحميه                         yang disayangi: محبوبة
Meminta: عرض                                              cerdas: ذكاء
Meskipun: رغم                                               perdagangan: التجار   
Berangkat pulang: انطلق                              berusaha/memperoleh: كسب
Member peringatan: انذر                              kenabian: النبوة
Bangun tidur: استيقظ                                    populer/terkenal: مشهور
Masa: عهد                                                      memilih: اختار














Artinya/terjemahan dari cerita di atas.

PELAJARAN KE TUJUH
KHADIJAH BINTU KHUALID
Kehidupan Khadijah Binti Khualid di rumah yang sangat megah dan ia sangat di cintai oleh kedua orang tuanya, karena kecerdasan dan adab mulia yang di milikinya. Ketika wafat suaminya, dia bekerja sebagai seorang pedagang, dia memperoleh harta yang banyak. Nabi Muhammad sebelum diangkat menjadi Nabi, dia sangat terkenal dengan sifat amnah dan benar perkataanya (tidak pernah berdusta), maka Khadijah memilih bMuhammad SAW, untuk mengelola dagangan Khadijah , maka dia (Muhammad) pergi ke negeri Syam , dalam perjalanan membawa dagangan tersebut, Maisaroh ikut serta dengan Rasulullah dalam perjalanan itu, Maisarah adalah seorang pembantu Khadijah.
            Ketika pulang perjalanan dari negeri Syam , Maisarah menceritakan kepada Khadijah tentang apa yang terjadi selama perjalanan ke Negeri Syam, Maisarah menceritakan kepada Khadijah tentang sifat jujur dan amanah Muhammad SAW,dan dia juga menceritakan kepada Khadijah tentang suatu peristiwa  yang di dalamnya yaitu, awan yang selalu melindungi Rasulullah dari panasnya matahari, awan itu berjalan di atas kepala Rasulullah. Khadijah kagum dengan akhlak-akhlak Muhammad maka ia segera meminta Rasulullah menjadi suaminya. Sungguh Khadijah telah memilih Muhammad meskipun sebenarnya banyak yang ingin mempersuntingnya menjadi istri.
            Pada suatu hari Nabi Muhammad menyendiri di gua Hira’ maka turunlah Malaikat Jibril dengan membawa ayat  Al-Qur’an yang berbunyi” Bacalah dengan nama Tuhanmu yang telah menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah dengan mnama Tihanmu yang maha mulia yang telah mengajarkan dengan perantaran Qalam yang telah mengajari manusia sesuatu yang belum di ketahui.
            Dan ayat itu merupakan ayat yang pertam di turunkan dari ayat Al-Qur’an yang mulia.


PBA 7
insya Allah bersambung  Muhadatsah Dan I'rabnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar